Harlah Satu Abad NU dan Penyatuan Kalender Islam
Ditulis Oleh Prof. Dr. Susiknan Azhari, Guru Besar Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Founder Museum Astronomi Islam.
Ada beberapa catatan penting antara Harlah Satu Abad NU dan Penyatuan Kalender Islam. Pertama, adalah penggunaan kalender hijriah dalam menghitung satu abad sejak kelahiran hingga kini (16 Rajab 1344 H - 16 Rajab 1444 H). Penggunaan kalender hijriah ini membawa angin segar bagi upaya penyatuan kalender Islam. Sekaligus menunjukkan fleksibilitas ajaran Islam. Penyatuan Kalender Islam memerlukan cara pandang baru dan fikih baru melalui kontekstualisasi ajaran Islam.
Wakil Presiden RI, K.H. Ma'ruf Amin pada pidato pembukaan Muktamar Internasional Fikih Peradaban yang berjudul "Kontekstualisasi Pandangan Keagamaan Terhadap Realitas Peradaban di Era Modern", dengan tegas menyatakan dalam upaya pembangunan peradaban, peran ilmu pengetahuan (sains) sangat penting, dan bahkan ia berfungsi sebagai kunci peradaban. Menurutnya pula ketentuan dalam fikih yang merupakan respons terhadap peradaban sebelumnya, bisa jadi tidak cocok lagi untuk merespons peradaban saat ini, sehingga dibutuhkan konstruksi fikih baru yang lebih sesuai dengan peradaban saat ini.
Pernyataan Wakil Presiden di atas sangat relevan bagi upaya penyatuan kalender Islam. Perkembangan sains dan teknologi di bidang astronomi mengalami peningkatan yang luar biasa. Astronomi memiliki peran penting dalam pembentukan sistem waktu sesuai pesan nas dan tuntutan peradaban di era modern. Disinilah arti penting kehadiran kalender Islam pemersatu. Kehadiran kalender Islam pemersatu sebagai bukti bahwa ajaran Islam memiliki perhatian terhadap sains, bahkan hasil penelitian Agus Purwanto (Pendiri Trensains) menyebutkan ayat-ayat dalam al-Qur'an yang membahas seputar sains lebih banyak dibandingkan ayat-ayat hukum (Ayat al-Ahkam).
Kedua, dalam lirik Mars Satu Abad Nahdlatul Ulama karya K. H. Mustofa Bisri (Gus Mus) tertulis....."Membangun peradaban baru yang mulia. Tuk kedamaian dan kehidupan bersama". Lirik ini hasil olah batin yang mendalam untuk menjadikan Islam sebagai Rahmatan lil 'Alamin dan sejalan dengan "Risalah Islam Berkemajuan" yang dihasilkan oleh Muktamar Muhammadiyah 1443/2022 di Solo dan telah dimuat pada Keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor : 1208/KEP/I.0/B/2022.
Dalam Risalah Islam Berkemajuan tersebut dijelaskan untuk mewujudkan perdamaian dan kebersamaan salah satunya perlu adanya sistem waktu yang teratur sebagai wujud peradaban yang maju. Kedua-duanya, baik "Risalah Islam Berkemajuan" maupun "Mars Satu Abad Nahdlatul Ulama" memiliki perhatian yang tinggi terhadap terwujudnya perdamaian dalam kehidupan berbangsa, bernegara, dan pergaulan global.
Ketiga, Tekad Satu Abad Nahdlatul Ulama merupakan hasil rekomendasi Muktamar Internasional Fikih Peradaban. Salah satunya mengembangkan “fikih baru” guna menegakkan masa depan peradaban manusia yang damai dan harmonis. Pengembangan "fikih baru" ini tidak lepas hadirnya generasi baru yang memiliki wawasan yang luas dan keilmuan yang multidisiplin tanpa meninggalkan tradisi yang diyakini selama ini (Al-Muhafadhah ala al-Qadim as-Salih wa al-Akhdu bi al-Jadid al-Aslah). Fikih baru membuka ruang dialog untuk mewujudkan penyatuan kalender Islam.
Dalam konteks "fikih baru" tidak ada salahnya merambah kepada persoalan sains tentang sistem waktu yang teratur. Penyatuan kalender Islam bukan untuk dipaksakan. Namun perlu dipertimbangkan aspek positif dan negatif demi kemaslahatan bersama dan membangun peradaban yang mulia dalam memasuki tantangan abad kedua Nahdlatul Ulama. Fikih baru meniscayakan pendekatan baru dalam merumuskan sistem waktu yang teratur dan dapat dipedomani bersama.
Dialog berkelanjutan antara kakak-adik (Muhammadiyah-NU) terkait penyatuan kalender Islam pasca Harlah Satu Abad perlu diagendakan bersama. Dialog dari hati ke hati tentunya lebih efektif dan produktif dibandingkan pertemuan-pertemuan formal yang cenderung bertahan dengan pandangan yang dimiliki. Apalagi pertemuan diselenggarakan ketika akan terjadi perbedaan dalam memulai dan mengakhiri Ramadan. Akhirnya selamat memasuki abad kedua untuk menghadirkan peradaban yang mulia. Salah satunya melalui sistem waktu yang teratur dan terencana.