Dosen

Profil Yani Tri Wijayanti

Nama : Dr. Yani Tri Wijayanti, S.Sos, M.Si
Program Studi : Media dan Komunikasi
Fakultas : Ilmu Sosial dan Humaniora
Jenis Pegawai | Status : Pegawai Negeri Sipil | Aktif Mengajar
Jabatan Akademik | Golongan : Lektor Kepala | III/D
Email : -
Pendidikan Terakhir : S3

Kelas Mata Kuliah Yang Diampu Oleh Dr. Yani Tri Wijayanti, S.Sos, M.Si Di Semester Gasal TA 2024/2025
No Nama Mata Kuliah SKS Jenis MK Kelas Jadwal
1. Komunikasi Organisasi 2 WAJIB A SEN 14:50-16:30 R: FISHUM-201
2. Komunikasi Organisasi 2 WAJIB B KAM 07:00-08:40 R: FISHUM-110-A
3. Metodologi Penelitian Kuantitatif 4 WAJIB A SEN 13:00-14:40 R: FISHUM-201#SEL 13:00-14:40 R: FISHUM-110-A
4. Metodologi Penelitian Kuantitatif 4 WAJIB B SEL 14:50-16:30 R: FISHUM-110-A#RAB 07:00-08:40 R: FISHUM-110-A
5. Skripsi 6 WAJIB N SAB 10:40-10:45 R: FISHUM-101
6. Skripsi 6 WAJIB N SAB 10:30-10:35 R: FISHUM-101

No. Jenjang Perguruan Tinggi Jurusan Gelar Akademik Tahun Lulus
1. S3 Universitas Padjadjaran Ilmu Komunikasi Dr. 2016
2. S2 Universitas Sebelas Maret Manajemen Komunikasi M.Si. 2005
3. S1 Universitas Sebelas Maret Ilmu Komunikasi S.Sos 2003

# TAHUN KARYA
Book Chapter
1 2024 Artificial Intelligence dalam Public Relations, Tantangan atau Peluang? .
Dipublikasikan pada Book Chapter Digital Disturbia. Hiruk Pikuk Digitalisasi Komunikasi.
Diterbitkan oleh Penerbit Galuh Patria.
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63530/1/Perang%20La...
2 2022 Dampak Acara Dakwah di Televisi Terhadap Keberagaman Warga Kampung Naga .
Dipublikasikan pada Menuju Masyarakat Indonesia 5.0: Perspektif dan Dinamika.
Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora.
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52504/
3 2020 Emphatic Society di Tengah Pandemi Covid-19 .
Dipublikasikan pada Diskursus Covid-19 Dalam Perspektif Komunikasi.
Diterbitkan oleh MBridge Press.
https://aspikom.org/publikasi/
4 2019 Komunikasi Lingkungan dan Komunikasi Bencana di Indonesia .
Dalam Seminar Nasional Kongres V ASPIKOM.
https://aspikom.org/publikasi/
5 2019 Jagalan Festival Sebagai Strategi Destination Branding dalam Upaya Mengenalkan Desa Wisata di Kotagede Yogyakarta .
Dalam Kongres ASPIKOM ke 5.
Dipublikasikan pada Public Relations dan Periklanan Menghadapi Revolusi Industri 4.0.
Diterbitkan oleh Buku Litera Yogyakarta.
https://aspikom.org/publikasi/
6 2018 PR NOW: Praktik Public Relations di Era Disruptif .
Dalam Indonesia Public Relations Conference.
Diterbitkan oleh IPRC dan Penerbit Galuh Patria.
http://e-journal.uajy.ac.id/21870/
7 2018 Multiple Platform In Transformative Public Relations, Cultural and Tourism .
Dalam ASPIKOM International Communication Conference.
Diterbitkan oleh ASPIKOM Indonesia.
https://aspikom.org/publikasi/
8 2017 Human Relations dalam Organsiasi dalam Dinamika Komunikasi. Konsep dan Konteks di Beragam Bidang Kehidupan.
Diterbitkan oleh ASPIKOM Press bekerjasama Galuh Patria dan.
https://www.researchgate.net/publication/363365075_Human_Rel...
9 2017 Dinamika Komunikasi: Konsep dan Konteks di Beragam Bidang Kehidupan .
https://aspikom.org/publikasi/
10 2017 Pengelolaan Organisasi Berlandaskan pada Nilai-nilai Keislaman .
Dipublikasikan pada Peta Pemikiran FISHUM.
Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora.
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29616/
11 2017 Applied Public Relations. Inovasi Untuk Perubahan Zaman .
Dalam Seminar Nasional Public Relations.
Diterbitkan oleh Perhumas BPC Yogyakarta.
https://www.academia.edu/101476153/Applied_Public_Relations
12 2015 Petisi Online di Indonesia : Mengubah Desentralisasi dari Dunia Maya ke Demokrasi pada Kehidupan Nyata (Studi Kasus pada Pengguna www.change.org dalam Buku Bunga Rampai Infrastruktur TIK, Layanan Informasi dan Dinamika Sosial.
Diterbitkan oleh Pusat Litbang Penyelenggaraan Pos dan Informatika bekerjasama Penerbit Media Bangsa.
Conference Paper
13 Aktivitas Marketing Public Relations dalam Pariwisata Dieng .
Dalam Public Relations Conference.
14 2015 Social Media as A Media Campaign on Public Health .
Dalam 1st Social Science and Economics International Conference : Social Science and Economics Challenges for Better Life.
15 2015 Raising Conflict Sensistive Journalism in Indonesia. Content Analysis on The News about Ahok vs Lulung on Detik and Kompas.com .
Dalam International Conference on Social and Political Sciences : Leadership and Social Transformation in a Pluralistic Society.
16 2015 Implikasi Komunikasi dari Teori Informasi Organisasi pada Organisasi Sekolah Kedinasan .
Dalam Konferensi Nasional Komunikasi 2015 : Konsep, Kerangka Kerja, Kreativitas Karya Kaya Kultur.
17 2015 Latitude Acceptance dalam Pemberitaan KPK-Polri .
Dalam Confrence on Communication and New Media Studies.
Jurnal Ilmiah
18 Pola Komunikasi Keluarga dalam Membangun Akhlakul Kharimah dalam Jurnal Komunikasi Channel.
http://journal.uad.ac.id/channel
19 Manajemen Konflik Organisasi dalam Perspektif Islam. dalam Jurnal Profetik.
http://ejornal.uin-suka.ac.id/isoshum/profetik/
20 Pengaruh Kepuasan Komunikasi Terhadap Kinerja Pendidik IPDN Jatinangor dalam Jurnal Sosiologi Reflektif.
http://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/sosiologi
21 2024 Inequality as a Construct of Customary Law : Access to Home Ownership Rights of Woman in Lampung .
Dipublikasikan pada El-Usrah : Jurnal Hukum Keluarga.
Diterbitkan oleh UIN Ar-Raniry Aceh.
https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/usrah/article/view/...
22 2023 Indonesian Society is Not Disabled Friendly? .
Dipublikasikan pada Jurnal Ilmu Sosial.
Diterbitkan oleh FISIP Universitas Diponegoro.
https://ejournal.undip.ac.id/index.php/ilmusos/article/view/...
23 2022 Peran Komunikasi Keluarga dalam Menumbuhkan Motivasi Berprestasi Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19 .
Dipublikasikan pada LINIMASA : JURNAL ILMU KOMUNIKASI.
Diterbitkan oleh Universitas Pasundan.
https://journal.unpas.ac.id/index.php/linimasa/article/view/...
24 2022 Managing crisis communication by tourism actors in the new normal era at the beaches of Yogyakarta .
Dipublikasikan pada Jurnal Informasi.
Diterbitkan oleh UNY.
https://journal.uny.ac.id/index.php/informasi/index
25 2022 Manajemen Komunikasi Krisis Desa Wisata Pulesari dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 .
Dipublikasikan pada Journal of Media Communication Science (JCommsci).
Diterbitkan oleh Universitas Mataram.
https://jcomm.unram.ac.id/index.php/jcomm/article/view/165
26 2021 Komunikasi Pemasaran Wisata Halal Di Banyuwangi dan Gunungkidul .
Dipublikasikan pada Jurnal Komunikasi.
Diterbitkan oleh UII.
https://journal.uii.ac.id/jurnal-komunikasi/
27 2021 Long Distance Marriage Couple Communication Pattern during the Covid-19 Pandemic .
Dipublikasikan pada Jurnal Aspikom.
Diterbitkan oleh ASPIKOM.
http://jurnalaspikom.org/index.php/aspikom/issue/view/30
28 2020 Radicalism Prevention through Propaganda Awareness on Social Media .
Dipublikasikan pada Jurnal Aspikom.
Diterbitkan oleh ASPIKOM.
https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&c...
http://jurnalaspikom.org/index.php/aspikom/article/view/501
29 2012 Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta .
Dipublikasikan pada Jurnal Sosiologi Reflektif.
Diterbitkan oleh Prodi Sosiologi FISHUM UIN Sunan Kalijaga.
http://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/sosiologireflektif/ar...
Prosiding
30 2023 Evaluation of Community Participation in Restoration Efforts Following the Merapi Volcano Eruptions in Muntilan, Magelang .
Dalam International Conference on Politics, Social and Humanities Sciences.
Dipublikasikan pada 2nd ICPSH 2022 International Conference on Politics, Social, and Humanities Sciences Volume 2023 .
Diterbitkan oleh KnE Social Sciences.
https://knepublishing.com/index.php/KnE-Social/issue/view/37...
31 2023 Manajemen Komunikasi Pariwisata Berkelanjutan dalam Pengembangan Desa Wisata Pulesari .
Dalam Seminar Nasional Dies Natalis ke 57 Universitas Atma jaya Yogyakarta.
Dipublikasikan pada Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis ke 57 Universitas Atma jaya Yogyakarta.
Diterbitkan oleh Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
https://e-prosiding.uajy.ac.id/
32 2022 City Branding Strategy of Yogyakarta Tourism Office in Maintaining Destinations Image Amid the Rise of Klitih News .
Dalam Annual International Conference on Social Sciences and Humanities (AICOSH) 2022.
Dipublikasikan pada Proceeding of Annual International Conference on Social Sciuence and Humanities .
Diterbitkan oleh Atlantis Press.
https://www.atlantis-press.com/proceedings/aicosh-22/1259800...
33 2022 Communication Management of Central Jawa Provinve in Realizing Public information Disclosure Through E-Government in the Digital Era .
Dalam Annual International Conference on Social Sciences and Humanities (AICOSH) 2022.
Dipublikasikan pada Proceeding of the Annual International Conference on Social Science and Humanities .
Diterbitkan oleh Atlantis Press.
https://www.atlantis-press.com/proceedings/aicosh-22/1259800...
34 2022 Content Analysis of Instagram Account @kratonjogja as a Digital Marketing Media for Tourism During the Covid-19 Pandemic .
Dalam International Conference on Communication Science (ICCS 2022).
Diterbitkan oleh Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram.
https://proceeding.unram.ac.id/index.php/iccs
35 2022 Manajemen Komunikasi Pariwisata Berkelanjutan dalam Pengembangan Pariwisata Pulesari .
Dalam Seminar Nasional Dies Natalis Universitas Atma Jaya Yogyajarta ke 57.
Dipublikasikan pada Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Universitas Atma Jaya Yogyajarta ke 57.
Diterbitkan oleh Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
https://e-prosiding.uajy.ac.id/?page_id=2185
36 2022 Tourism Challenges and Solutions during the Covid-19 Pandemic at Balkondes Tuksongo Magelang: A Communication Perspective .
Dalam Annual International Conference on Social Sciences and Humanities (AICOSH) 2021.
Diterbitkan oleh SCITEPRESS – Science and Technology Publications, Lda..
https://www.scitepress.org/SearchResults.aspx?Context=2Z+MhY...
37 2018 Niqab at intersection (Social Media Position in Idology Spreading and Niqab Commodification) .
Dalam International Conference on Islam and Muslim Societies (ICONIS) 2018.
Diterbitkan oleh Magister Program IAIN Salatiga.
http://iconis.iainsalatiga.ac.id/iconis-2018/
38 2017 Idealisme , Bisnis, dan Masa Depan Media Berbahasa Daerah (Studi Kasus Majalah Djoko Lodang di Yogyakarta) .
Dalam Indonesia Media Research Award and Summit (IMRAS) 2017.
Diterbitkan oleh SPS.
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41865/
https://www.researchgate.net/publication/363365451_IDEALISME...

# TAHUN KARYA
Melakukan penelitian
1 2017 Aktivitas Marketing Public Relations dalam Pariwisata Dieng.
2 2017 Idealisme, Bisnis, dan Masa Depan Media Berbahasa Daerah (Studi Kasus Majalah Djaka Lodang Yogyakarta).
3 2016 Propaganda Awareness dalam Media Sosial (Model Pencegahan Paham Radikal dalam Link Facebook di Kalangan Siswa MAN di Provinsi D.I. Yogyakarta).
4 2015 Pola Komunikasi Keluarga dalam Membiasakan Anak Beribadah Sebagai Pilar Utama Akhlaqul Kharimah.

# TAHUN KARYA
Hak Cipta
1 2024 Artificial Intelligence Dalam Public Relations, Tantangan Atau Peluang?. Diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.
https://komunikasi.uin-suka.ac.id/id/dokumen/download_dokume...
2 2023 Model Komunikasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Model Sister Village dalam Memulihkan Kehidupan Ekonomi dan Sosial Kawasan Pasca Bencana Erupsi Gunung Merapi di Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah. Diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.
https://lppm.uin-suka.ac.id/id/dokumen/index/
3 2022 Modul Tata Laksana Protokol Kesehatan di Tempat Wisata Pantai. Diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.
https://komunikasi.uin-suka.ac.id/id/dokumen
4 2022 PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING UNTUK UMKM DESA WISATA HALAL DI WONOKERTO, TURI, SLEMAN, YOGYAKARTA. Diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.
https://komunikasi.uin-suka.ac.id/id/dokumen

# TAHUN KARYA
Memberi latihan / penyuluhan / penataran / ceramah kepada masyarakat
1 2024 Pelatihan Pemetaan Pola Wisata Desa (Insidental).
2 2023 Pengabdian pada Masyarakat di KWT "Pawon Gendis) Desa Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo (Insidental).
3 2023 Seminar Nasional dengan Tema "Tantangan Profesi Komunikasi di Era 4.0" (Insidental).
4 2022 Penyelenggaraan Kegiatan Pendampingan Desa Wisata: Pengembangan Digital Branding Desa Wisata Desa Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang, Kab Kulonprogo (Insidental).
5 2022 Narasi MBKM dan Proyeksi Kerjasama Program Studi Ilmu Komunikasi (Insidental).
6 2021 Lecturer Konsinyering and Workshop Online Learning (Insidental).
7 2021 Workshop Redesain Kurikulum Berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) (Insidental).
8 2017 Seminar NAsional dan Lokakarya Fasilitas Pendukung Program Studi (Laboratorium Prodi Ilmu Komunikasi) (Insidental).
9 2017 Alumni Mengajar "Riset Public Relations" di Universitas Diponegoro (Insidental).
10 2017 Seminar Nasional "Strategi Public Relations dalam Kampanye Lingkungan di Kalimantan Selatan" (Insidental).
11 2017 Workshop Riset Kuantitatif (Insidental).
12 2016 Public Relations Writing in Digital Era (Insidental).
13 2016 Public Relations dan Lingkungan Kerjanya dalam Pembekalan Kuliah Kerja Komunikasi (Insidental).
Memberi pelayanan kepada masyarakat
14 2016 Pergaulan Remaja dalam Islam di MasjidNitikan Yogyakarta .
15 2016 Media Literasi “Internet Sehat untuk Anak” di Karanganyar Surakarta .

# TAHUN KARYA
Anggota Asosiasi
1 2022 Pengurus BPC Perhumas Yogyakarta (Non Ilmiah). Pada pertemuan Pengurus Organisasi Profesi.
2 2022 Wakil Ketua BPC Perhumas Yogyakarta (Non Ilmiah). Pada pertemuan Pengurus Organisasi Profesi.
3 2022 Bendahara Umum Pengurus Pusat ASPIKOM (Non Ilmiah). Pada pertemuan Pengurus Organisasi Profesi.
Berperan serta aktif dalam pertemuan ilmiah
4 2023 Workshop Metode Penelitian Komunikasi . Pada pertemuan Workshop.
Mendapat Tanda Jasa dan Penghargaan
5 2018 Satya Lancana Karya Satya 10 Tahun (Satya Lancana Karya Satya 10 (sepuluh) tahun). Pada pertemuan Tanda Jasa/Penghargaan.
Menjadi invited speaker
6 2017 Seminar Series Prodi Ilmu Komunikasi “Eksistensi Media Lokal di Era Digital” FISHUM UIN Sunan Kalijaga .
Menjadi mitra bestari
7 2017 Jurnal ASPIKOM .